Tips Membuat Cuko Pempek yang Umami


Pempek merupakan makanan terkenal asal Palembang. Pempek dibuat dari bahan utama yang menggunakan daging ikan, bisa ikan kakap putih, tenggiri, atau ikan gabus. Untuk menyantap pempek tentunya akan kurang pas apabila tidak memakai cuko pempek. Cuko pempek sendiri adalah bumbu cair yang menjadi pelengkap saat memakan pempek, biasanya cuko pempek dicampur menggunkan timur yang telah dipotong kotak-kotak kecil. Cuko pempek memiliki rasa manis, asam, pedas yang pekat. Membuat cuko pempek gampang-gampang susah, saat membuat kadang memiliki rasa yang kurang pekat atau bahkan kuahnya kurang kental atau terlalu encer. Oleh karena itu sebelum membuat cuko pempek, ada baiknya mengetahui tips cara membuat cuko pempek supaya tidak gagal. Berikut penjelasannya.

§  Perbandingan Gula Merah dan Air

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kuah cukon pempek yaitu gula merah. Apabila ingin memiliki tekstur cuko pempek yang tidak terlalu encer dan memiliki rasa yang pas, maka perbandingan bahan sangat perlu untuk diperhatikan. Pakailah gula merah dan air dengan perbandingan 1:1, karena perbandingan ini akan membuat kuah cuko menjadi kental, pekat dan legit, pastinya juga memiliki rasa yang nikmat.

§  Gunakan Bawang Putih Cukup Banyak

Agar kuah cuko pempek menjadi lebih nikmat, hal lain yang perlu diperhatikan yaitu dengan menambahkan bawang putih yang cukup banyak. Bawang putih akan memberi aroma tersendiri dan kuah cuko akan menjadi lebih otentik sesuai dengan khasnya seperti di Palembang sana.

§  Gunakan Asem Jawa dan Cuka

Cuko pempek yang enak harus diberi tambahan asem jawa dan cuka, karena kedua bahan ini merupakan bahan yang sangat penting. Kombinasi dari dua bahan ini dijamin akan membuat kuah cuko pempek jadi lebih nikmat dan legit.

§  Campurkan Ebi Sangrai

Apabila mencampurkan ebi sangria, tentunya akan membuat rasa cuko pempek menjadi ini lebih legit dan otentik.

§  Tambahkan Tongcai

Tongcai merupakan asinan yang terbuat dari lobak. Apabila kita menambahkan tongcai untuk membuat cuko pempek akan membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Caranya cukup giling halus bahan ini bersama ebi yang sudah di sangrai, setelah itu tambahkan ke dalam gula aren.

§  Perhatikan Waktu Masak

Waktu saat buat membuat cuko pempek tentunya perlu diperhatikan. Karena waktu memasak akan berpengaruh sekali pada cuko pempek yang sedang dibuat. Jangan buru-buru mengangkat dan menyajikan cuko pempek. Sebab, cuko pempek yang legit hanya bisa diperoleh dari waktu masak yang cukup lama sekitar 1 jam.

Setelah mengetahui tips-tips cara membuat cuko pempek di atas, tentunya kita bisa membuat cuko pempek sendiri tanpa khawatir gagal. Apabila ingin membuat cuko pempek, berikut resep dan cara membuat cuko pempek yang lezat.

Resep Cuko Pempek

Bahan:

§  500 gram gula merah

§  500 ml air

§  3 sendok makan asam jawa

§  1 sendok makan ebi sangrai, haluskan

§  1 sendok teh gula pasir

§  1/2 sendok teh garam

Bahan bumbu halus :

§  10 siung bawang putih

§  10-20 buah cabai rawit

§  3 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Cuko Pempek:

§  Rebus air bersama gula merah hingga larut sepenuhnya. Setelah itu angkat dan saring airnya.

§  Rebus kembali larutan gula merah bersama bumbu yang telah dihaluskan, yaitu garam, gula pasir, ebi dan asam jawa.

§  Masak dengan menggunakan api kecil sampai airnya sedikit menyusut.

§  Apabila cuko sudah mencapai kekentalan yang diinginkan, segera angkat dari kompor.

§  Saring cuko, kemudian tempatkan di wadah. Jika sudah dingin, tutup rapat dan masukkan ke dalam lemari es.

Belum ada Komentar untuk " Tips Membuat Cuko Pempek yang Umami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel