Simulasi Hitungan, Tukar Tambah Kendaraan Beroda Empat Yang Lebih Ekonomis

 Mobil anda saat ini terhitung boros dan punya niat untuk tukar dengan yang lebih irit Simulasi Hitungan, Tukar Tambah Mobil Yang Lebih Irit

Mobil anda dikala ini terhitung boros dan punya niat untuk tukar dengan yang lebih ekonomis. Jika hanya melihat dari sisi konsumsi bbm, tentu saja anda akan merasa lebih irit kalau tukar tambah kendaraan beroda empat yang lebih hemat. Tapi belum tentu demikian, mampu saja anda malah lebih boros.

Alasan pertama ketika teladan pikir sudah tertanam bahwa mobil yang dikendarai hemat, anda tidak akan terlalu berpikir banyak ketika akan pergi. Bahkan untuk hal yang tidak penting pun anda akan langsung tancap gas tanpa mempertimbangkan konsumsi bbm. Belum lagi dengan hitungan seperti ini.

Anggap saja harga jual mobil anda 140 juta dengan konsumsi bbm rata-rata 1:8, harga beli kendaraan beroda empat yang lebih hemat rata-rata 1:12 lebih mahal 20 juta. Kita gunakan uang 20 juta ini untuk perhitungan.

Pertanyaan pertama, berapa KM anda melaksanakan perjalanan dengan memakai mobil dalam 1 bulan. Anggap saja 3000 km per bulan. Mobil pertama butuh 375 liter dengan harga bbm 10.000 maka akhirnya 3.750.000. Ini sudah termasuk hitungan kendaraan beroda empat super aktif.

Sedangkan kendaraan beroda empat kedua yang lebih ekonomis membutuhkan 250 liter dengan harga yang sama kesudahannya 2.500.000. Maka 3.750.000 - 2.500.000 = 1.250.000, itu adalah selisih konsumsi bbm dalam satu bulan. Dan untuk mencapai angka 20 juta dari selisih harga beli kendaraan beroda empat yang lebih irit, maka butuh 16 bulan untuk mendapatkannya.

Itu pun dengan perbandingan konsumsi bbm yang cukup jauh, dari 1:8 dengan 1:12. Dan perhitungan itu dengan pemakaian bulanan hingga 3000 km. Maka jika anda lebih jarang menggunakan kendaraan beroda empat, selisih yang akan anda dapatkan akan semakin sedikit.

Dan tukar tambah mobil dari yang boros ke yang hemat dengan alasan tersebut saja, tidak akan memberi pengaruh banyak. Kecuali ada pertimbangan lain mirip mobil usang sudah banyak part yang harus segera diganti, demi mengejar gengsi, atau alasan lain tidak masalah.

Tapi jika hanya sebab pertimbangan konsumsi bbm, tidak banyak yang akan anda dapatkan. Bahkan kalau pemakaian kendaraan beroda empat terhitung jarang, malah anda akan mengeluarkan lebih banyak uang hanya untuk menanamkan dalam pikiran bahwa menggunakan mobil cc kecil akan membuat anda lebih irit. Belum lagi jika selisih harga mobil bukan cuma 20 juta, tentu anda malah lebih banyak mengeluarkan uang.

Belum ada Komentar untuk "Simulasi Hitungan, Tukar Tambah Kendaraan Beroda Empat Yang Lebih Ekonomis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel