5 Cara Memperbaiki Ekonomi Satu Kampung Karena Corona

 Dampak dari virus corona sangat beragam 5 Cara Memperbaiki Ekonomi Satu Kampung Karena Corona

Dampak dari virus corona sangat beragam. Salah satunya lemahnya pertumbuhan ekonomi secara global. Yang dengan pasti secara khusus hal ini akan memberi pengaruh pada kondisi ekonomi suatu tempat. Tapi dari itu, banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk memperbaiki ekonomi pada satu daerah, dari tingkat kelurahan sampai kawasan sekitarnya.

Lebih tepatnya membuat kebiasaan baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sehingga kalau suatu dikala kondisi mirip ini terjadi lagi, masyarakat sekitar tidak lagi merasakan pengaruh yang begitu jelek. Bahkan bila mendapatkan keberhasilan, semua akan tampak biasa saja.

1. Meningkatkan kualitas atau layanan dalam pengadaan barang dan jasa. Sehingga masyarakat sekitar yang membutuhkan tidak perlu mencari alternatif diluar tempat. Jika tetangga sendiri bisa menawarkan layanan terbaik dengan hasil memuaskan, untuk apa pergi ke luar kawasan.

2. Pedagang atau penjual jasa yang perlu diprioritaskan ialah mereka yang juga cenderung membelanjakan manfaatnya dilingkungan sekitar. Satu orang saja diprioritaskan, maka hal itu akan memberi efek kepada banyak orang lainnya. Ketika penjual pakaian menerima keuntungan lebih banyak, beliau akan beli bakso, camilan, kebutuhan pokok, dan lain sebagainya tetap dilingkungan sekitar. Sehingga dari satu pedagang pakaian saja yang menerima laba lebih banyak, maka pedagang lain akan mencicipi dampaknya.

3. Secara tidak langsung, menerapkan sistem tukar barang. Ketika pedagang bakso menjadi pelanggan toko pakaian tetangganya, maka gantian pedagang pakaian berlangganan bakso tetangga. Tukang sayur langganan toko kelontong, gantian pemilik toko kelontong langganan sama tukang sayur. Terapkan sistem mirip ini terus menerus sehingga keduanya saling menguntungkan. Tentunya dengan menyesuaikan porsi masing-masing. Selama masing-masing terus berusaha meningkatkan layanan dan kualitas, hal ini akan berjalan dengan baik.

4. Bisa Swasembada (usaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri) mencakup satu tempat. Perhatian lebih untuk tetangga petani, tetangga yang memproduksi gula sendiri, dan lain sebagainya. Prioritaskan mereka dengan tetap memberi bantuan dari kontrol peningkatan kualitas sampai hingga pada tahap penjualan.

5. Mengurangi ketergantungan terhadap produk luar daerah, kecuali dalam pengadaannya memang harus karena dikampung sendiri belum ada yang memproduksinya.

Dengan cara diatas, jikalau berhasil maka kondisi ekonomi satu tempat niscaya akan lebih baik. Sayangnya kenyataan dilapangan, berbagai orang yang mempunyai penyakit hati. Tidak suka jika tetangga sukses, sehingga cenderung lebih suka berbelanja di luar daerah meskipun tetangga sudah terang-jelas menyediakan.

Malah ada yang berusaha merusak perjuangan tetangga dengan cara hutang tapi tidak kunjung membayar. Dengan tetangga hutang usang tidak bayar, tapi ketika ada uang malah belanja di lain daerah secara tunai. Kan kampret....

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Ekonomi Satu Kampung Karena Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel